7 Tanda Wajib Sehat Keuangan Yang Harus Dimiliki

Tanda Wajib Sehat Keuangan

Tanda wajib sehat keuangan yang harus dimiliki oleh setiap orang – Hal ini merupakan wajib karena pastinya setiap orang ingin selalu sehat. Tidak hanya fisik saja yang sehat, mental pun juga perlu sehat demikian juga dengan keuangan.

Disini akan dibahas mengenai kesehatan keuangan. Untuk membuat arus dan tata keuangan yang sehat itu sebenarnya mudah hanya diperlukan disiplin dalam diri saja.

Sebelumnya, hal pertama yang harus di jawab adalah apakah Kamu sering kehabisan duit sebelum tanggal gaji tiba? Atau apakah Kamu setiap gajian harus membayar tagihan, membayar cicilan atau bahkan paylater?

Apabila kamu menjawab ya pada salah satu atau bahkan ketiganya, maka kamu perlu waspada akan status kesehatan keuangan Kamu. Kemudian kamu perlu belajar mengenai tata kelola keuangan yang sehat.

Lalu hal berikutnya adalah Kamu perlu menahan diri. Karena di jaman yang serba online ini untuk mengelola keuangan tidaklah mudah. Hal ini disebabkan adanya banyak sekali godaan untuk selalu belanja online atau main game online.

 

7 Tanda Wajib Sehat Keuangan Yang Harus Dimiliki

Gaya hidup jika dituruti memang tidak akan pernah ada habisnya. Terlebih jika gaji Kamu terbatas, maka kemampuan untuk membatasi diri disini sangat diperlukan.

Lalu, hindarkan diri dari kebiasaan diri untuk berhutang dalam bentuk apapun hanya untuk kebutuhan konsumtif. Jika kamu sudah terlanjur terjebak dalam hutang maka segeralah untuk melunasinya dan hentikan kebiasaan tersebut.

Karena situasi berhutang tersebut akan sangat berbahaya dan membahayakan kondisi dan kesehatan keuangan Kamu. Maka dari itu segeralah perbaiki kondisi keuangan dan simak tanda-tanda wajib sehat keuangan seperti berikut:

Memiliki Pemasukan Yang Stabil

Ciri utama keuangan yang sehat adalah terdapat pemasukan yang lebih besar dari pada pengeluaran. Dimana arus keuangan ini terukur dan tercatat dengan baik, sehingga pergerakan keuangannya dapat dilihat dengan jelas.

Dengan kata lain arus kasnya positif atau rasio nya positif, dimana pemasukan selalu lebih besar. Namun apabila arus kasnya negatif, maka Anda perlu waspada.

Ketika arus kas negatif maka artinya pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Dalam hal ini, bisa di pastikan adanya kesalahan dalam mengelola keuangan.

Punya Tujuan Keuangan

Ketika mempunyai kondisi keuangan yang sehat maka akan secara otomatis mempunyai tujuan finansial yang sehat pula. Kemudian, ketika tujuan finansial dapat terwujud satu persatu, maka dapat dipastikan pula kondisi keuangannya sehat.

Jadi mulai saat ini, segeralah pertanyakan apakah tujuan Kamu sudah tercapai salah satu nya atau bahkan semuanya? Bagaimana dengan keuangan kamu untuk dana beli rumah? lalu, tabungan untuk menikah, dana untuk pendidikan dan lain sebagainya?

Apabila kamu saat ini sedang mulai untuk mengusahakan, maka baguslah itu. Teruskan perjuanganmu untuk meraih kebebasan dan kesehatan finansial.

Kebutuhan Harian Aman

Manusia selalu mempunyai keinginan yang tak terbatas. Ketika suatu hal sudah terpenuhi, bisa jadi selalu muncul keinginan-keinginan selanjutnya.

Hal tersebut masih bisa dikatakan bagus apabila menimbulkan motivasi untuk dapat hidup jauh lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan bekerja lebih giat, rajin dan cerdas untuk meningkatkan kondisi keuangan.

Dengan terpenuhi kebutuhan pokok atau harian merupakan tahapan awal dari kesehatan keuangan. Sehingga status Kamu aman tidak perlu kesana-kemari hanya untuk sekedar memenuhi belanja harian.

Jika hal ini sudah terpenuhi, segeralah untuk membuat kebutuhan sekunder dan kemudian tersier pun dapat dengan mudah terpenuhi.

Punya Dana Darurat

Memiliki dana darurat merupakan salah satu ciri sehat keuangan. Milikilah dana darurat yang cukup dan memadai untuk menyelamatkan diri pada saat-saat yang tak terduga terjadi.

Dana darurat seminimal mungkin 3 kali biaya hidup atau lebih. Semakin lebih maka akan semakin lebih bagus. Dan dana darurat dibuat untuk tidak mengganggu arus kas harian.

Sehingga apapun keadaan darurat sewaktu-waktu terjadi, Kamu tidak perlu panik. Dengan kemampuan mengatasi kondisi mendadak seperti ini dapat di katakan kondisi keuangan telah sehat.

 

Punya Proteksi

Mempunyai proteksi keuangan yang sehat juga disertai dengan adanya kepemilikan proteksi yang memadai. Sebagai contohnya, memiliki proteksi yang paling penting yaitu memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Kedua asuransi tersebut dapat dikatakan wajib untuk dimiliki. Terutama asuransi jiwa untuk Kamu yang masih berusia produktif atau menjadi tulang punggung bagi keluarga.

Pastikan juga untuk mengikutsertakan anggota keluarga kedalam asuransi kesehatan. Karena biaya sakit itu biasanya mahal dan tidak akan pernah murah.

Sekali sakit, dapat menguras tabungan atau simpanan yang ada. Dengan memiliki asuransi, maka akan dapat meringankan ketika hal seperti ini terjadi.

Utang Bisnis Lancar

Berhutang adalah tidak untuk kebutuhan harian atau konsumtif. Karena hal ini akan membuat kacau kondisi keuangan dan kehidupan secara perlahan tapi pasti.

Memiliki hutang untuk kegiatan produktif masih bisa dikatakan boleh, namun dengan syarat ketat, yaitu mampu lancar membayar cicilan utangnya dan tidak pernah menunggak.

Dengan seperti itu, maka akan tetap sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat diawal. Dan ini juga merupakan salah satu sehatnya kondisi keuangan.

Untuk rasio berhutang usahakan maksimal pada angka 30% saja dari penghasilan rutin. Hal ini berarti anggaran keuangan cukup longgar untuk membayar hutang atau menyicil.

Namun meski begitu, usahakan pada batas angka seminimal mungkin. Dan, ini adalah pertanda bagus untuk kondisi keuangan Kamu.

Semoga semua cicilan dan hutangmu akan segera lunas. Sehingga Kamu pun dapat segera hidup dengan kebebasan finansial.

Bisa Investasi

Usahakan untuk dapat berinvestasi secara rutin. Investasi mempunyai proporsi Idealnya, yaitu setidaknya 10% dari penghasilan bulanan atau rutin.

Ketujuh tanda wajib sehat keuangan tersebut adalah memang wajib diusahakan dan dicapai. Dan mulai sekarang sudah saatnya dan wajib memahami konsep Blue print keuangan.

Dengan begitu, Kamu bisa melanjutkan dengan pemahaman yang bagus untuk mengelola arus kas serta menentukan tujuan finansial.

Kemudian, hingga dapat mengenali semua instrumen mana saja yang dapat mewujudkan impian atau tujuan keuangan Kamu. Hal ini tentunya ditujukan agar supaya dapat lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk masa depan.

 

Baca juga:

– Tips Nikah Hemat Biaya

– 7 Tips Mengatur Keuangan Anti “Kanker”

 

 

Artikel 7 Tanda Wajib Sehat Keuangan Yang Harus Dimiliki pertama kali tampil pada kabarniaga.com.

Tanda Wajib Sehat Keuangan Tanda wajib sehat keuangan yang harus dimiliki oleh setiap orang – Hal ini merupakan wajib karena pastinya setiap orang ingin selalu sehat. Tidak hanya fisik saja yang sehat, mental pun juga perlu sehat demikian juga dengan keuangan. Disini akan dibahas mengenai kesehatan keuangan. Untuk membuat arus dan tata keuangan yang sehat… Selengkapnya)
Artikel 7 Tanda Wajib Sehat Keuangan Yang Harus Dimiliki pertama kali tampil pada kabarniaga.com.Read MoreUncategorized, Jawa Baratkabarniaga.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *